4.1.10

Mata Kuliah Softskill

Mulai tahun ajaran PTA 2009/2010 setiap mahasiswa program studi D3 dan S1 di Universitas Gunadarma wajib mengikuti Mata Kuliah yang pengajaranya tentang pengembangan softskills, Mata Kuliah itu diberikan setiap semester pada masing masing program studi.

Mata Kuliah itu adalah Sistem Informasi Manajemen atau disingkat dengan SIM. Pengertian Sistem Informasi Manajemen sendiri adalah sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen.

Nah tugas pertama dari mata kuliah SIM adalah mewajibkan mahasiswa untuk membuat blog, yang prinsipnya sama dengan SIM, yaitu sistem informasi yang hasilnya adalah output dari berbagai masukan (input), selain itu dengan adanya tugas membuat blog kita pun dapat lebih mengembangkan softskills kita.

Masih banyak mahasiswa Gunadarma yang belum begitu paham dengan adanya program Mata Kuliah baru ini, dengan tugasnya yang mewajibkan untuk membuat blog, kemudian meregistrasinya ke situs Universitas Gunadarma lewat studentsite masing-masing, terlebih penilaian dilakukan dari keaktifan mahasiswa untuk meng-upload kreatifitas dan inovasi mereka lewat blog yang telah teregistrasi.

Saya sebagai salah satu mahasiswa Gunadarma yang mendapat mata kuliah ini akan menuliskan langkah-langkah registrasi blog kita ke situs Gunadarma, agar lebih memudahkan mahasiswa lainya yang masih bingung dengan adanya tugas ini. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1.Buat account blog kita terlebih dahulu, sama seperti membuat account email ataupun account facebook. Contoh situs blog gratisan yang banyak dipakai adalah www.blogger.com, www.wordpress.com, atau bisa juga di www.blog.com
2.Setelah kita memiliki account blog kita harus meregistrasikanya ke situs Universitas Gunadarma lewat studentsite masing-masing.
3.Buka studentsite kita, kemudian di Menu Layanan Studentsite pilih Tugas (UG Portofolio)
4.Akan muncul kotak-kotak dengan tulisan “Submit” dibawahnya
5.Pada kotak Title masukan judul untuk tugas kita, sebagai contoh saya memasukan Title “Blog Gw”
6.Pada kotak URL masukan alamat dari account blog kita, contoh seperti http://curlyputri.blogspot.com/
7.Pada kotak Mata Kuliah isikan mata kuliahnya yaitu Sistem Informasi Manajemen
8.Setelah semua terisi klik “Submit”
Otomatis blog kita telah terdaftar ke situs kampus Gunadarma dan tugas pertama kita telah selesai. Ulangi hal yang sama untuk tugas-tugas selanjutnya. Sedangkan untuk memasukan tulisan karya kita pada Menu Layanan Studentsite pilih Tulisan (UG Portofolio)

Gunadarma juga memudahkan para mahasiswanya untuk semakin mengembangkan soft skills mereka serta meningkatkan kreatifitas dan inovasi mereka, salah satunya adalah dengan cara memberikan fasilitas baru yang dapat di akses di http://wartawarga.gunadarma.ac.id.
Situs tersebut sebagai media atau wadah untuk tulisan-tulisan karya mahasiswa. Tulisan yang ada di Wartawarga secara otomatis akan mengisi portofolio dari mahasiswa yang membuat tulisan. Portofolio tersebut digunakan untuk penilaian Mata Kuliah Soft Skills

Jadi selain kita harus aktif dengan blog kita, kita juga harus aktif menuliskan karya kita di situs yang telah disediakan tadi, sebagai penilaian di Mata Kuliah Soft Skills. Tapi bedanya adalah kalau blog itu sebagai media kita untuk menuliskan karya kita yang bersifat personal dan untuk memposting tugas kita sedang situs wordpress adalah situs sebagai media untuk menyalurkan karya kita yang bersifat umum dan berguna bagi orang banyak, serta bisa dibaca oleh seluruh mahasiswa Gunadarma.

Nah sekian sedikit informasi dari saya yang semoga bisa membantu para mahasiswa Gunadarma yang mungkin masih agak bingung dalam menjalani Mata Kuliah Soft Skills ini. Cheers

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda